Hukum Aqiqah Anak Laki-laki dan Perempuan

Bahasa ini didefinisikan sebagai “aqiqah” karena merupakan pemotongan / pengorbanan hewan selama perkembangan anak. Namun, ada yang mengatakan bahwa pemotongan rambut di kepala bayi ketika berada di dalam rahim. Rambut ini dipotong.

Di Indonesia, ritual biasanya penyembelihan domba / kambing untuk bayi padahari ke 7, 14 dan 21. Jumlah kambing ini 2 untuk bayi  laki laki dan 1 untuk anak perempuan.

pelaksanaan aqiqah anak

Nabi (saw) berkata dari Samura ibn Jundab bahwa “pada hari ketujuh semua bayi dibesarkan dengan cara ini, hewan kurban disembelih, hewan mereka dipotong dan rambut mereka dipotong.” Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibn Majah, Ahmad].

hukum aqiqah

Diriwayatkan atas sayidina Aisyah bahwa Rasulullah (saw) berkata: “Seorang bayi dilahirkan maka mereka harus memotong dengan dua kambing untuk anak laki laki dan seorang kambing untuk anak perempuan” [HRH Ahmad, Termizi, Ibnu Majah].

Nabi (SAW) dari Salman ibn ‘Amir Al-Dabee: “aqiqah anak adalah karena kelahiran anak.

Hukum aqiqah anak

Pada dasarnya, itu berakhir pada hari ketujuh setelah lahir. Tetapi jika Anda tidak bisa, Hari 14, dan jika Anda masih tidak bisa, Hari 21 juga tidak menjadi masalah.

Namun, jika kita dibesarkan ketika kita masih muda, kita bisa melakukannya sendiri. Suatu hari, al-Maymune bertanya kepada Imam Ahmad, “Ada orang yang belum menikah. Apa yang terjadi jika mereka menikah?” Imam Ahmad berkata, “Jika mereka tidak mengadopsi saya, yang terbaik adalah melakukannya hanya ketika mereka mencapai usia dewasa. Saya pikir mereka tidak pantas mendapatkannya.”

 

Jumlah hewan aqiqah untuk anak

Jumlah minimum hewan yang akan diterima adalah jantan atau betina. Menurut Ibnu Anne, “Faktanya Nabi Muhammad SAW membawa seekor domba ke Hasan dan Husen” (Hadits Abu Dawud dan Ibn Al Jarud).

Tetapi menurut hadits berikut ini adalah 2 untuk pria dan 1 untuk wanita.

Umm Kurz al-Ka’bi mengatakan: “Utusan Allah (damai dan berkah besertanya) memerintahkan pembantaian dua domba jantan dan betina.”

Waktu pelaksanaan acara aqiqah anak diantaranya adalah :

  1. pelaksanaan aqiqah pada hari ke 7 dan potong rambut. Misalnya, jika seorang anak dilahirkan pada hari Minggu, itu akan jatuh pada hari Sabtu.
  2. hewan yang di sembelih yaitu 2 kambing untuk anak laki-laki dan 1 ekor untuk anak perempuan.
  3. Dapat diserahkan pada orang tua anak, tetapi pada orang tua lain (kakek-nenek, kakek-nenek, dll.).
  4. Aqiqah ini adalah hukum sunat.

Kondisi daging

Dianjurkan agar dagingnya dimasak dahulu sebelum di bagikan kepada tetangga. Sebuah hadits ‘Aisha ra : “2 kambing untuk anak laki-laki dan 1 kambing untuk anak perempuan dan mereka dimasak tanpa mematahkan tulang. (HR al-Bayhaqi)

aqiqah anak laki-laki

Selain tetangga atau orang miskin, non-Muslim juga dapat diberikan daging aqiqah. Terutama jika itu untuk menarik simpati atau sikap pengkhotbah. Itu ada dalam firman Tuhan: “Mereka memberi makan orang miskin, anak yatim, dan para tawanan dengan sukacita.” (QS. Al-Insan: 8). Menurut Ibn Qudamah, para tahanan adalah orang-orang kafir pada waktu itu. Namun, keluarga juga bisa makan sedikit.

Kondisi  untuk anak laki-laki dan perempuan

Apa fasilitas untuk anak laki-laki dan perempuan? Kondisi ini termasuk waktu pengosongan, pikiran binatang (usia, pria atau wanita, dan kondisi fisik).

 

Dalam hal ini, aliyanabila aqiqah  jasa aqiqah cikarang menjelaskan aturan berdasarkan proposal, menurut sunat.

 

Kondisi pikiran anak laki-laki dan perempuan harus sesuai dengan hukum Islam, sesuai dengan hukum Islam. Sekte pikiran kita ditakdirkan untuk diterima oleh Allah. Selain itu, itu adalah salah satu doa dalam kehidupan sejati.

 

Konten

Persyaratan hadis untuk anak laki-laki dan perempuan hadis

Kondisi persimpangan

Solusi dan kondisi kambing Akaah

Kuantitas dan jenis kelamin (pria atau wanita)

Hukum aqiqah dengan lampiran kambing

Prosedur Pemotongan aqiqah

Kondisi untuk memotong dan menandai rambut bayi

Ketentuan distribusi daging.

Ikuti sepenuhnya rekomendasi dari Layanan Akaha

Persyaratan hadis untuk anak laki-laki dan perempuan hadis

Di masa lalu, kita seharusnya tahu bahwa cerita itu digambarkan sebagai “keras” karena selama cerita anak membunuh / membunuh binatang. Akikah adalah bentuk rasa terima kasih Muslim kepada bayi yang lahir dalam kondisi tertentu sesuai dengan ajaran Islam.

Permintaan untuk anak laki-laki dan perempuan Yang baru lahir atau bayi diberitahukan pada saat hari itu.

Dari Samura bin Jundub: Nabi (saw). Dia berkata: “Semua bayi berkomitmen untuk uang mereka, dan pada hari ketujuh binatang (kambing) disembelih, diberi nama setelah mereka dan dicukur.”

[SDM. Abu Davud, Tirmizi, Nasa’i, Ibn Maja, Ahmed]

 

Aisara berkata: “Utusan Allah, damai dan berkah dari Allah, memberi Hasan dan Husain el Ake pada hari ketujuh setelah kelahirannya.

[SDM. Hakim, Al-Mustadrak Juz 4, Hal. 264]

Di bawah otoritas Aisa, diceritakan bahwa Rasulullah, s.a.v.s., mengatakan: “Anak Diakitahi adalah anak dengan kambing dan kambing yang sama.”

[SDM. Ahmed, Tirmizi, Ibn Maya]

Pengorbanan bayi atau hewan yang berhubungan dengan persalinan dilakukan pada hari ketujuh setelah kelahiran anak, menurut hadits.

Bagi orang tua yang telah melahirkan anak-anak mereka, akida adalah sunnah, tetapi ketentuan akida adalah bagian penting dari hukum Islam.

Kondisi persimpangan

Menurut sebuah cerita dari hadits sebelumnya, setelah hadits otentik anak laki-laki dan perempuan, ketaatan Syariah berlaku sampai 7 hari setelah kelahiran. Benar juga

Namun, jika Anda masih tidak bisa mendapatkannya pada hari ke tujuh, beberapa ilmuwan akan mengizinkannya pada hari ke 14 (dua minggu setelah kelahiran). Jika Anda masih tidak dapat melakukannya pada Hari 14, Anda dapat melakukannya pada Hari 21.

Abu Buraida RA: “Aka terbunuh pada hari ketujuh, keempat belas, atau kedua puluh.”

[SDM. Baihaki dan Tabrani]

Solusi dan kondisi kambing Akaah

Kita sudah mengetahui aturan-aturan tradisi yang solid yang didasarkan pada hadits yang dapat dipercaya dan syarat dan ketentuan dari 7 atau minggu paling penting setelah kelahiran. Dalam uraian ini kita akan berbicara tentang kondisi dan kambing.

Kuantitas dan jenis kelamin (pria atau wanita)

Jelas bahwa jumlah hewan yang digunakan setiap hari adalah dua kambing untuk anak-anak dan satu untuk kambing.

Meskipun anak laki-laki dan perempuan adalah makhluk Allah, ada perbedaan dalam jumlah hewan yang digunakan dalam ziarah.

Menurut undang-undang tentang warisan ini, anak-anak memiliki hak untuk mewarisi harta orang tua mereka dalam dua bagian dan anak perempuan mereka menjadi satu.

Tanggapan konsultan kepada konsultan dalam konsultasi adalah bahwa ketika menyangkut hewan (jantan atau betina), kambing tidak harus jantan atau betina. Rasulullah (sallallahu alayhi wa sallam) mengatakan:

“Dua kambing untuk anak laki-laki, seekor kambing untuk anak perempuan dan kambing untuk pria atau wanita, aku tidak mengerti kamu.”

[SDM. Set Ashhabus Sunan dan Sheikh Al-Alba]

Hukum Akah dengan keterlibatan kambing

Terlepas dari kambing, ada perbedaan nyata tentang kebenaran:

Para ilmuwan melakukan ini

Beberapa sarjana tidak mengizinkannya, mereka bahkan menyatakan ide yang salah, kecuali kambing dan domba.

 

Hukum Aqiqah Anak Laki-laki dan Perempuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
× order sekarang